.:: sebuah refleksi diri ::.


Lima dari Lima

Posted in Artikel, Kisah dan Hikmah by al4mien on 12 November 2010

Alam Kubur Setiap Hari Menyeru Manusia Sebanyak Lima  Kali :

1. Aku rumah yang terpencil,maka kamu akan senang dengan selalu membaca Al-Quran.
2. Aku rumah yang gelap,maka terangilah aku dengan selalu solat malam.
3. Aku rumah penuh dengan tanah dan debu,bawalah amal soleh yang menjadi hamparan.
4. Aku rumah ular berbisa,maka bawalah amalan Bismillah sebagai penawar.
5. Aku rumah pertanyaan Munkar dan Nakir,maka banyaklah bacaan “Laa ilahaillallah, Muhammadar Rasulullah”, supaya kamu dapat jawapan kepadanya.

Lima Jenis Racun dan Lima Penawarnya …..

1. Dunia itu racun, zuhud itu obatnya.
2. Harta itu racun, zakat itu obatnya.
3. Perkataan yang sia-sia itu racun, zikir itu obatnya.
4. Seluruh umur itu racun, taat itu obatnya.
5. Seluruh tahun itu racun, Ramadhan itu obatnya.

Orang Yang Tidak Melakukan Sholat:

Subuh : Dijauhkan cahaya muka yang bersinar
Zuhur : Tidak diberikan berkah dalam rezekinya
Asar : Dijauhkan dari kesihatan/ kekuatan
Maghrib : Tidak diberi santunan oleh anak- anaknya.
Isya : Dijauhkan kedamaian dalam tidurnya

 

Kisah Cinta Paling Indah

Posted in Artikel, Kisah dan Hikmah by al4mien on 11 June 2010
Sahabatku sekalian, taukah kalian arti cinta sejati ? Apakah sahabat pernah mendengar atau mengetahui kisah cinta Qais dan Laila atau kisah cinta Romeo dan Juliet ataukah Laila dan Majnun ?

Apakah kisah cinta seperti itu yang dikatakan sebagai kisah cinta sejati ? Seperti yang sahabat ketahui bahwa kisah cinta mereka tidaklah berakhir di pelaminan bahkan rela mati demi cintanya.

(more…)

Hai Pemimpin yang ber-KTP kan ISLAM berkacalah kalian…..!!!!!

Posted in Artikel, Kisah dan Hikmah by al4mien on 5 April 2010

“Tiada Beriman orang yang tidak memegang amanat
dan tidak ada agama bagi orang tidak menepati janji” (HR Adailami).

Amanat Bagi Pemimpin

Menjelang dini hari pada suatu malam, Khalifah Umar bin Khattab RA, disertai pengawalnya melakukan sidak kepinggiran kota.
Beliau mendengar percakapan dua orang wanita di gubuk kecil.
Kata sang Ibu,” campur saja susunya dengan air.” Tapi amirul mukminin Umar telah mengeluarkan peraturannya yang melarangnya,Ibu,” jawab anak gadisnya.
“Khalifah Umar toh tidak akan mengetahuinya,” kilah sang Ibu.
” Kalau Umar tidak mengetahuinya, tapi Allah pasti mengetahuinya, Ibu!” jawab sang anak.
Dialog kedua insan ini teramat berkesan di hati Umar.

Esok harinya ia menyuruh aparatnya untuk meyelidiki kedua wanita itu. Ternyata suami dari Ibu itu telah gugur di medan perang.
Hidup mereka serba kekurangan. Putri Ibu itu seorang gadis.

(more…)

Wahai Saudara/i ku…

Posted in Artikel, Kisah dan Hikmah,celotehku by al4mien on 27 January 2010

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Entah siapa yang memulai, tapi kemudian ada doktrin atau tradisi yang mengatakan klo remaja wajib pacaran. Nggak pacaran berarti belum komplit jadi remaja. Ya, bukan Cuma di Indonesia, tapi terjadi hampir di seluruh dunia. Di Amerika, dari film-film yang kita tonton dan dari cerita yang kita baca, pacaran itu jadi kewajiban. Meski sering kali berlebihan, ada pesta dansa, valentine’s day, dsb. Malah peluk dan cium itu sering di peragakan di tempat-tempat umum, di taman, di bioskop, dsb. Juga gak sedikit remaja di amrik sono yang melakukan seks bebas sebatas suka-suka¬_naudzubillah

Tapi benarkah itu cuma ada di Amerika yang mewakili bangsa barat? Sayangnya enggak juga. Di tanah air tercinta ini dari yang kita lihat ternyata udah seperti fotokopiannya Amrik. Dimana-mana, di jalanan, ngak sedikit remaja putri di peluk pacarnya. Terakhir hasil penelitian yang dilakukan Lembaga Studi Cinta dan Kemanusiaan serta Pusat Pelatihan Bisnis dan Humaniora (LSCK PUSBIH) Yogyakarta menunjukan hampir 97,07 % mahasiswa yang kuliah disana sudah tidak gadis lagi, karena pergaulan bebas_astagfirullah

Kalau kamu punya saudara perempuan, kamu pantas cemas. Begitu juga orang tua yang punya anak perempuan. Khawatir godaan pergaulan bebas semakin menjadi-jadi.
Pada masa Rasulullah SAW, ada sebuah peristiwa menarik tentang pergaulan bebas. Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hambal di ceritakan bahwa ada seorang pemuda yang mendatangi Rasulullah SAW, dan berkata,“Duhai Rasulullah, izinkanlah aku untuk berzina.” Orang-orang yang berada di sekitarnya marah, tetapi Rasulullah SAW menyuruh pemuda itu mendekat dan duduk. Kata beliau,“Apakah engkau suka (zina terjadi) pada ibumu?”“Tidak, demi Allah yang menjadikan diriku sebagai tebusan bagi dirimu,” jawab pemuda itu.“Maka orang-orang pun tidak suka bila itu terjadi pada ibu-ibu mereka,” kata Rasulullah SAW.Beliau SAW, bertanya lagi pada pemuda itu, “Apakah engkau suka (zina terjadi) pada anak perempuanmu? Tidak, demi Allah wahai Rasulullah. Dialah yang menjadikan diriku sebagai tebusan bagi dirimu,” jawab pemuda itu.
“Dan orang-orang pun tidak menyukainya terjadi pada anak-anak perempuan mereka,” kata Rasulullah SAW.
Beliau SAW bertanya lagi, “Apakah engkau suka (zina terjadi) pada saudara perempuanmu?” “Tidak, demi Allah yang menjadikan diriku sebagai tebusan untukmu,” lagi-lagi pemuda itu menjawab.“Dan orang-orang pun tidak suka itu terjadi pada saudara-saudara perempuan mereka,” kata Rasulullah SAW.Beliau SAW bertanya lagi, “Apakah engkau suka (zina terjadi) pada bibimu?” “Tidak, demi Allah yang menjadikan diriku sebagai tebusan untukmu,” lagi-lagi pemuda itu menjawab.“Demikian pula orang-orang tidak suka itu terjadi pada bibi-bibi mereka,” kata Rasulullah SAW. Kemudian Beliau SAW meletakkan tangannya pada pemuda itu dan berdo’a, “Ya Allah ampunilah dosa-dosanya, sucikanlah hatinya, dan jagalah kemaluannya.”

Menyimak peristiwa di atas, sebaiknya para cowok mengukur diri. Bila kita enggak suka ada laki-laki yang mengganggu, melecehkan apalagi menodai ibu kita, saudara perempuan kita, atau mungkin bibi kita, jangan sampai kita melakukan hal yang serupa pada semua perempuan yang ada di bumi ini. Bukanlah orang lain mempunyai perasaan yang sama dengan kita, tidak ingin keluarganya diganggu?

Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada dosa yang lebih besar di sisi Allah setelah syirik dari perbuatan seorang laki-laki yang menumpahkan air maninya pada rahim yang tidak halal baginya.”(HR.Imam Abi Dunya)

Kita bayangkan klo semua pria di dunia berpikiran yang sama dengan pemuda yang ada dalam kisah diatas, bersihlah masyarakat kita dari berbagai perbuatan yang keji itu.Buat kamu saudariku, sadarlah kalau hubungan sex di luar pernikahan bukan cinta, bahkan nggak ada hubungannya sama sekali dengan cinta. Waktu teman pria kamu merayu, atau memaksa kamu buat nurutin keinginan jahatnya, sebenarnya dia enggak mencintai kamu, malah cuma kepingin memanfaatkan kamu. Seseorang yang mencintai orang lain pasti akan menjaga kehormatan dan kesucian orang yang dicintainya, bukan malah merusaknya.

Dan untuk saudara dan saudariku, janganlah tergoda dengan propaganda atau cerita-cerita orang-orang yang pernah melakukan perbuatan keji itu. Apa yang mereka bilang asyik dan menyenangkan hakikatnya adalah penderitaan di masa depan. Bayangin, betapa bencinya Allah pada orang-orang yang melakukan perzinaan.

Wahai saudariku, jagalah harga dirimu, kehormatanmu, dan faraj-mu (kemaluan). Boleh aja pacarmu bilang, “aku pasti bertanggung jawab,” tapi itu adalah tanggung jawab di dunia, sementara di akhirat sana setiap orang bakal bertanggung jawab pada perbuatannya masing-masing. Nggak bakalan bisa seorang melimpahkan urusan pahala dan dosa pada orang lain.

“…dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Kemudian kepada Tuhanmulah kamu kembali, dan akan diberikan-Nya kepadamu apa yang kamu perselisihkan.”(QS.AlAn’aam :164)

Belajar dari pengalaman orang lain, cowok yang memiliki kelukuan macam itu adalah cowok buaya yang nggak bakalan bertanggung jawab atas perbuatannya. Abis pacarnya hamil, mungkin dia akan kabur dan mencari pacar baru, atau menyuruh pacarnya yang udah telat haid untuk mengaborsi kandungannya. Hiiiiiih…!

Dengan begitu wahai para cowok (wah aku termaksud ney), harap di ingat bahwa pacarmu bukan istrimu. Dan buat para cewek, pacarmu bukan suamimu. Sama sekali enggak ada ikatan apa-apa diantara kalian berdua. Sayang kan masa depan kalian berdua. Jangan hancurkan hanya dengan perasaan “cinta” yang enggak jelas juntrungannya.
Terakhir tapi ini yang terpenting, pacaran itu sendiri budaya yang asing dalam islam. Bahkan islampun enggak merestuinya, karena kenyataannya pacaran lebih berupa amalan mendekati zina dari pada alasan untuk ta’aruf (saling kenal) atau silaturahmi, atau apalah alasannya. Langkah yang benar adalah enggak melakukan pacaran, dari pada jatuh dalam perangkap setan. Apalagi kalau pacaran itu sekedar main-main belaka.

“Dan janganlah kamu mendekati perbuatan zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk,”(QS.Al-Isra : 32)

Wallahu a’lam

(Copas dari Saudara Kami Iqbal Ramdhani)

MARI JADIKANLAH KOTA-MU: “KAWASAN TERLARANG UNTUK PACARAN” Lebih Baik Engkau Menikah Dari Pada Berpacaran Yang Akhirnya Akan Merugikan Dirimu… MARI KITA TUTUPI AURAT KITA SERTA JAUHKAN PAKAIAN YANG MEMBENTUK DI TUBUH KITA KAUM WANITA (MALU DONG SAMA ALLAH SWT YANG SELALU MEMANDANG KITA DENGAN KASIH SAYANG-NYA)

JANGAN SAMPAI KITA MEMAKAI PAKAIAN KETAT >>> KARENA BENTUK TUBUH KITA TERLIHAT OLEH ORANG LAIN MAKA SAMA JUGA KITA TELANJANG

>>>TOLONG DI SEBARKAN PADA SAUDARA-SAUDARA MU<<<

Ya Rabby, Demi Dzat yg Maha Suci, Demi Kesucian Sayyidina Muhammad saw, Kami Mohon Lindungi Kesucian Wanita Muslimin,,,Berikan Kebencian pada diri mereka dan kami smua tuk pergi ke tempt2 yg memancing nafsu dan menghumbar nafsu,,,jadikan diri kami semua benci pd bioskop dan acara2 yg hny bisa merusak kehormatan wanita muslim Ya Rabby.. Ya Rahman, Ya Rahim, Demi Fatimah Puteri Rasulullah saw,,,Sayangi Sluruh Wanita Muslimin..Aamiin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber : milist Majelis Rasulullah SAW

yaumul ‘Asyuroh

Posted in Artikel, Kisah dan Hikmah by al4mien on 26 December 2009

Alhamdulillahi Robbil ‘alamin ‘alan ni’matil Islam wal iman, Ayhadu An Laa ilaha Illa Allah wa asyhadu anna Muhammadar rosulullah. Allahumma sholli wasallim ‘ala sayyidina Muahmmadin wa’ala alihi washohbihi ajma’in.

Bulan Muharrom adalah termasuk dari asyhurul hurum(bulan yang istimewa menurut Allah)selain bulan Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Rojab. Dalam bulan ini juga ada hari dimana Allah banyak memberi kenikmatan/kemenangan bagi kaum muslimin dan kesialan/adzab bagi kaum kafirin yang menentang perintah Allah.

Banyak diceritakan ummat terdahulu(jaman sebelum nabi Muhammad) tentang keistimewaan bulan Muharrom. Diantaranya kisah Nabi Nuh AS dengan banjirnya, Nabi Sholeh AS dengan untanya, nabi Yunus dukeluarkan dari perut ikan hiu, Nabi Musa dengan tenggelamnya fir’aun dan komplotannya, dan masih banyak lagi peristiwa-peristiwa yang terjadi pada bulan ini, dan kesemuanya itu terjadi tepat pada hari Asyuroh.

Asyuroh berasal dari bahasa Arab yang artinya “hari kesepuluh”. Dalam bahasa jawa hanya diambil belakangnya saja menjadi “Suro”. Pada jaman Nabi Muhammad SAW orang-orang yahudi berpuasa pada hari ini, kemudian nabi bertanya kepada para sahabat “Kenapa orang Yahudi berpuasa pada hari asyuroh ini? maka shohabat menjawab mereka berpuasa pada hari ini karena rasa senang mereka atas kemenangan yang didapat oleh Nabi mereka(yaitu sebelum nabi Muhammad). Kemudian nabi bersabda, kita lebih berhak atas mereka”. Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa puasa hari Asyuroh adalah sunnah. Hari ini juga ada yang menyebut sebagai Hari raya anak Yatim. Kalau didesaku, hari ini digunakan untuk menyantuni anak yatim.

Selain itu juga ada hari Tasu’ah, dari bahasa arab tis’ah yang artinya “hari kesembilan”. Pada hari ini nabi pernah bersabda yang artinya kurang lebih demikian “kalau aku masih hidup tahun depan, maka aku akan puasa Tasu’ah”. Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa puasa Tasu’ah juga sunnah.

Maka para Ulama’ bersepakat bahwa Puasa hari Tasu’ah dan Asyuroh adalah sunnah, puasa Asyuroh saja ada yang membolehkan juga ada yang memakruhkan(dikarenakan nabi tidak suka menyamakan dengan kelakuan kaum yahudi dan kuffar).

Semoga kita termasuk golongan yang mendapat rohmat Allah dan kaum yang mengikuti sunnah nadi, serta kelak di akhirat dikumpulkan bersama orang-orang sholeh, para muhibbin serta para shohabat dibawah bendera Sayyidina Muhammad SAW… amin…

Tahun Baru

Posted in Artikel, Kisah dan Hikmah,celotehku by al4mien on 15 December 2009

Ada apa dengan tahun baru ??? kenapa banyak dari kita yang bersuka cita dalam menyambut tahun baru ???
apakah hanya karena tahun berganti, atau karena bertambahnya 1 angka !!! tentunya tidak hanya demikian… kita merayakan tahun baru dengan keinginan agar dalam kehidupan selanjutnya menjadi lebih baik daripada tahun ini dan kemaren.

Umumnya orang menyambut tahun baru dengan berbagai cara, dari hal yang mubah, sampai hal yang harom, misalnya dengan acara bakar², menyalahkan kembang api, bedagang semalam suntuk sambil meniup terompet, bahkan ada yang sampai mabuk²an, na’udzubillahi min dzalik….

Tidak demikian dengan dengan tahun baru Islam. Dimana seorang muslim pun, enggan untuk merayakannya. Bahkan, ada yang tidak mengetahui apa itu tahun baru Muharram. Ada juga yang dengan alasan nabi tidak pernah mengajarkan untuk merayakan tahun baru(bid’ah lagi…!!!). Padahal, tujuan utama dari peringatan tahun baru Islam bukan pada peringatannya, melainkan apa yang harus kita lakukan untuk memasuki tahun baru ini.

Inilah kemunduran dari kaum muslim, mereka lebih bangga dengan perayaan tahun baru masehi daripada merayakan tahun baru Islam. Untuk itu, marilah bersama² menyemarakkan acara peringatan hari² penting Islam berbagai cara yang positif, misalnya dengan tadarus Al-Qur’an, pembacaan sholawat nabi, baksos maupun acara² positif lainnya…

Selamat Tahun Baru Islam

1 Muharrom 1431H


Kebutuhan atau keinginan !!!

Posted in Artikel, Kisah dan Hikmah,celotehku by al4mien on 13 December 2009

kebanyakan dari kita merasa kurang dalam menjalani dan mencukupi kehidupan. ketika ada sesuatu yang baru, kita merasa bahwa kalo tidak memiliki sesuatu itu, maka belum lengkaplah hidup ini.

ketika ada hp keluaran terbaru, apa yang kita pikirkan ??
ketika ada laptop dengan spesifikasi terbaru, apa yang kita ucapkan ??
didalam benak kita hampir dapat dipastikan “Aku ingin memilikinya….” dan ini adalah fitrah dari nafsu kita. Nafsu selalu mengajak kepada dunia dan hal yang enak², sedang akal dan hati yang jernih selalu mengajak kita kepada Allah dan kebenaran.
Sering dalam hidup kita lebih memenuhi keinginan daripada kebutuhan. Orang akan lebih tertarik kepada konser dengan artist atau band favorit mereka meskipun dengan harga tiket yang cukup mahal, dibanding dengan menghadiri majlis ilmu walau tanpa bayar sepeser pun.
mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk makan di restaurant termahal dan hotel berbintang, daripada dikeluarkan untuk bersedekah dan memberi makan fakir miskin dan anak yatim.
Mall lebih sering dikunjungi untuk bershoping² ria, sedangkan masjid sangat sepi walau telah datang waktu sholat.

Kita manusia sulit untuk bersikap adil pada diri kita sendiri, kita lupa bahwa tidak hanya jasmani saja yang harus di beri makan, tetapi juga bathin. manusia akan makan jika perut mereka merasa lapar, tetapi mereka tidak akan merasa haus ketika hati mereka kering dengan Agama.

semoga kita lebih bijak dalam menentukan suatu hal…

Wa Allahu a’lam.

Surat Dan Stempel Nabi

Posted in Artikel, Kisah dan Hikmah,Nabi dan Rosul,sejarah by al4mien on 5 May 2009

Oleh: Hasan Husen Assagaf

Al-Qura’n turun melalui Jibril as kepada Nabi saw bukan dengan tulisan tapi dengan lisan. Bahkan ayat pertama yang turun kepada beliau bukan “Uktub” atau “Tulislah” tapi ayat pertama turun berbunyi “Iqra’” artinya “Bacalah”. Dari salah satu mu’jizat Nabi saw yang terbesar adalah bahwa beliau itu buta huruf, tidak bisa membaca dan menulis. Tapi kok wahyu yang turun kepada beliau dari Allah baik melalui Jibril atau langsung bisa diterimanya? Karena ingatan dan hapalan Nabi saw super hebat, luar biasa tidak bisa disamakan dengan ingatan dan hapalan orang orang biasa. Maka semua wahyu yang dibacakan Jibril as yang turun dari Allah kepada beliau bisa langsung melekat di ingitan Nabi saw tidak bisa terlepas lagi.

Jelasnya, kalau ada orang mengatakan bahwa Nabi saw itu pintar menulis berarti dia bodoh tidak mengetahui sejarah Nabi saw atau berarti dia telah melecehkan Islam. Orang pintar pada masa Nabi saw bukan orang yang pandai menulis tapi yang hebat pada zaman itu adalah orang yang hapalanya kuat. Kalau begitu menulis bukalah budaya orang Arab. Orang Arab di masa itu merasa malu jika diketahui ia pandai menulis. Karena mereka mengandalkan diri mereka kepada hapalan. Orang yang pandai menulis berarti hapalannya tidak kuat.

Tapi Islam adalah agama terbuka dan bisa menerima budaya. Contohnya setalah wafatnya Nabi saw, para sahabat mulai mengumpulkan Al-Qur’an dari penghapal penghapal agar mu’jizat Nabi itu tidak putus dan habis sepeninggalan mereka atau sehabis para penghapal itu wafat. Maka terbentuklah “lajnah” untuk mengumpulkan Al-Qur’an dan ini tentu memerlukan waktu dan tenaga luar biasa. Setelah terkumpul mulailah mereka menulis demi untuk menjaga keselamatan Al-Qur’an dari tangan tangan kotor dan memeliharanya agar tetap bersih, murni dan terjaga Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur’an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” al-Hijr 9.

(more…)

Enam Pertanyaan ???

Posted in Artikel, Kisah dan Hikmah by al4mien on 2 February 2009

Suatu hari, Imam Al-Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya lalu beliau bertanya :

Pertanyaan pertama : “Apakah yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?”
Murid 1 : Orang tua
Murid 2 : Guru
Murid 3 : Teman
Murid 4 : Kaum kerabat
Imam Ghazali : “Semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita ialah MATI ( Surah Ali-Imran:185) . Sebab itu janji Allah bahawa setiap yang bernyawa pasti akan mati.”

Pertanyaan kedua : “Apa yang paling jauh dari kita di dunia ini ?”
Murid 1 : Negeri Cina
Murid 2 : Bulan
Murid 3 : Matahari
Murid 4 : Bintang-bintang
Iman Ghazali : “Semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling benar adalah MASA LALU. Bagaimanapun kita, apapun kenderaan kita, tetap kita tidak
akan dapat kembali ke masa yang lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari
ini, hari esok dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama.”

Pertanyaan ketiga : “Apa yang paling besar didunia ini ?”
Murid 1 : Gunung
Murid 2 : Matahari
Murid 3 : Bumi
Imam Ghazali : “Semua jawaban itu benar, tapi yang besar sekali
adalah HAWA NAFSU (Surah Al A’raf: 179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu kita membawa ke neraka.”

Pertanyaan keempat :”Apa yang paling berat didunia ?”
Murid 1 : Baja
Murid 2 : Besi
Murid 3 : Gajah
Imam Ghazali : “Semua itu benar, tapi yang paling berat adalah MEMEGANG AMANAH (Surah Al-Azab : 72 ). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka menjadi khalifah(pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya berebut-rebut menyanggupi permintaan Allah SWT sehingga banyak manusia masuk ke neraka kerana gagal memegang amanah.”

Pertanyaan kelima : “Apa yang paling ringan di dunia ini ?”
Murid 1 : Kapas
Murid 2 : Angin
Murid 3 : Debu
Murid 4 : Daun-daun
Imam Ghazali : “Semua jawaban kamu itu benar, tapi yang paling ringan sekali didunia ini adalah MENINGGALKAN SHOLAT. Gara-gara pekerjaan kita atau urusan dunia, kita tinggalkan solat.”

Pertanyaan keenam :”Apa yang paling tajam sekali didunia ini ?”
Murid- Murid dengan serentak menjawab : Pedang
Imam Ghazali : “Itu benar, tapi yang paling tajam sekali didunia
ini adalah LIDAH MANUSIA. Kerana melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati”

Source : Milist Majelis Rasulullah SAW

Asyuroh

Posted in Artikel, Kisah dan Hikmah by al4mien on 5 January 2009

Alhamdulillah wa syukru lillahi wa laa khaula wa laa quwwata illa billah… kita masih diberi kesempatan Allah untuk dapat menghirup udara-Nya dan diberi kesehatan yang tak ternilai harganya….

Tak terasa tahun telah bertambah, 1429H telah meninggalkan kita. Semoga Ditahun ini Allah memberi kesempatan lebih kepada kita dalam menjalankan perintah² dan menjauhi larangan² Nya.

Muharram termasuk 1 dari 4 bulan yang dimulyakan Allah (asyhurul hurum) dan dalam bulan Muharram ini terdapat hari dimana Allah memberikan banyak keistimewaaan dan kemenangan bagi kaum Muslimin. Hari itu tak lain adalah yaumul ‘Asyuroh(10 Muharram).

Diantara kejadian besar pada hari ‘Asyuroh ini adalah  : banjir pada masa Nabi Nuh surut, Nabi Ibrahim dibakar oleh raja Namrud, Nabi Yunus dimuntahkan dari perut ikan hiu, Nabi Musa dikejar² Fir’aun dan pasukannya di laut merah, dan banyak lagi kejadian² pada hari itu.

Nabi muhammad SAW pun telah men sunnahkan ummatnya untuk puasa ‘Asyuroh. Diriwayatkan ketika nabi berada di madinah dan Nabi menemukan  sekelompok yahudi melaksanakan puasa, lantas Nabi bertanya kepada  para sahabat. Oleh Sahabat diceritakan bahwa pada hari itu Nabi Musa dan kaumnya diselamatkan Allah dari kejaran Fir’aun dan tentaranya di laut merah. Kemudian Nabi bersabda : ” Kami lebih berhak daripada mereka ” . Disamping itu, Nabi juga mensunnahkan hari tasu’ah(9 Muharrom) walaupun Nabi belum sampai melaksanakannya.

Semoga kita dapat menghidupkan sunnah Nabi, aamin Allahumma aamin….

Next Page »

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.