.:: sebuah refleksi diri ::.


Pertama dalam hidupku…

Posted in celotehku by al4mien on 23 April 2009

dsc01258

Sekitar dua minggu yang lalu, ada broadcast message via YM yang dikirim oleh salah seorang member MR (Kang cupi) mengenai pemberitahuan jadwal kedatangan Habib Umar ke Indonesia untuk yang kedia kali(suber: website Rabithah). Kemudian saya lihat jadwalnya, dan ternyata beliau berencana singgah di surabaya…

Beberapa hari kemudian aku berbincang² ria dengan Kang Budi tanpa tema, karena isinya juga ngalor ngidul (eits, tapi tetep dalam koridor yang dibenarkan semua pihak lho😛 ) dan baliau meminta ana mempersiapkan kedatangan  Habib Umar di Surabaya. Akhirnya ana mengkonfirmasi guru ana Habib Idrus Al-Idrus dimana nantinya beliau  Habib Umar bertempat ketika singgah di Surabaya. Setelah ana mendapatkan jawabannya(walau hanya berupa ancer² aka clue²😀 ) ana langsung menelepon rekan taklim di surabaya tentang kedatangan Habib Umar tersebut. Temenku dengan semangatnya menjawab ” iyo ta!!! ndek ndi nggone ??? ” (benarkah??? dimana nantinya beliau singgah !!!) dan ana menjawab sesuai clue² yang diberikan guru ana.

Hari senin, tgl 20 April kemaren, adalah hari yang kunanti-nanti. Rencana sudah kususun dengan rapi di otakku (soalnya pas lagi sial, pas kena piket, ngumpulin tugas kuliah pula… huufff). tapi aku udah membandingkan dengan rumusku sendiri, kapan lagi bisa bertatap wajah langsung dengan Beliau…. Sore hari, mendung mulai menyelimuti surabaya, diiringi dengan petir yang sesekali menyambar. udah jam 5 sore, gimana ini… bos ku belum juga meninggalkan kursinya !!! mau aku usir malah aku yang diusir😀 hmm…. otakku terus berpikir bagaimana caranya agar bisa lolos dari tugas ini(piket.red). setengah 6 sore sudah, hujan turun dengan lebatnya, ditambah petir menyambar bersaut-sautan, makin kalut pikiranku. Aku bingung, lihat list YM ternyata Cak Rozy masih ada, akhirnya aku minta pendapat beliau. Baliau berkata berdoa semoga Allah mentakdirkan aku bertemu dengan Mbah Guru ku (soalnya kan Habib Umar gurunya Habib munzir dan Habib Idrus, jadi g salah donk aku memanggil baliau Mbah guru😛 ) dan kalau Allah tidak mengizinkan, jangan kecewa karena isnya Allah tetap mendapar sir dari beliau Mbah Guru, hehehe…..

Setelah sholat maghrib, temenku kirim sms, bahwa dia sudah di depan masjid Ampel(Karena emang siangnya aku janjian untuk ketemuan di depan masjid Ampel). Aduh, celaka aku… aku udah janjian tapi belum berangkat juga dari kantor, perjalanan kantor ke ampel kurang lebih 45 menit. huff… janji kok gak ditepati, gimana sih !!!! (maaf yo mas Fahmi😀 )

Akhirnya aku berangkat juga, dengan alasan ke bos mau ke kampus soalnya ada tugas yang harus dikumpulin(tapi gak sepenuhnya bohon kok, emang ada tugas, tapi aku aja yang g ngumpulin😀 ) akhirnya dapet ijin juga, kupacu sepedaku melewati jalanan yang macet, disertai hujan rintik² membasahi tubuhku. setengah jam kemudian aku nyampek di kontrakan, pas adzan isya’. Mandi + sholat, kemudian berangkat menuju ke Masjid Ampel. Setelah sampai, aku menghubungi temenku, tak ada jawaban darinya, aku sms pun g dibales. Aduh, mateng aku… jangan² dia ngambek karena aku sudah janji tapi gak datang². setelah 15 menitan berlalu, akhirnya aku terpaksa berangkat sendiri, mencari clue² dari Habib Idrus menuju ke tempat cucu Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi.

Alhamdulillah, setelah bersungai-sungai nyasar sendiri tanpa ada yang menemani (sungai, kalo dalam bahasa jawa disebut kali… nyambung po ra iki !!!!😀 ) akhirnya nyampek juga di daerah wonokusumo lor. Wah, rame bangeeettttt…… setelah parkir sepeda, mencari tempat duduk yang strategis. yah, telat lagi…. Lantunan Maulid Habsyi sudah selesai, hanya kebagian doanya saja😦 ya lumayan lah, daripada tidak sama sekali😀

Acara dilanjutkan dengan tausiah dari beberapa habib dan ulama’, diantaranya adalah Syech Ahmad As-Suwiy dari Jordania, Syech Muhammad dari Australia,  Sayyid Haddad Al-Kaff, dan yang paling akhir juga inti dari acara haul tersebut adalah Al-Allamah Al-Hafidh Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz dari Hadromaut, Yaman.

Beliau berpesan agar kita tidak mencela orang lain, mencela shohabat dan Ahlu bait nabi, beliau juga bercerita tentang bagaimana akhlak shohabat Nabi. beliau bercerita tentang shohabat Bilal, dimasa setelah wafat Nabi, bilal tidak mau lagi untuk adzan. ketika di diminta para shohabat untuk adzan bilal menolak dengan berkata “aku tidak bisa adzan setelah Nabi wafat”, tetapi ketika diminta oleh cucu Baginda Nabi yaitu Hasan dan Husain untuk adzan, bilal berkata “apa yang terjadi dengan diriku nanti, bila aku menolak permintaan dari cucu Rosul “, kemudian bilal adzan dan gemparlah madinah saat itu, mengingatkan jaman Rosulullah masih hidup. Kamudian Habib Umar juga bercerita pada jaman kekholifaan Sayyidina Umar Bin Khottob Ra. Dimana setiap malam sang kholifah berkeliling di negerinya, untuk mengetahui keadaan rakyatnya. Suatu malam, Shohabat Umar melihat sebuah kemah yang mana di dalam kemah tersebut ada suara orang yang menderita kesakitan. didekatinya orang tersebut, ternyata ada dua orang laki² dan perempuan yang mau melahirkan. Di tanya si laki² oleh Kholifah Uma, kenapa engkau mendirikan kemah yang letaknya jauh dari pemukiman, dan siapa wanita yang mau melahirkan ini ??? laki² itu menjawab, aku mendirikan kemah disini agar Umar tau, bahwa ada rakyatnya yang tidak bisa makan dan istrinya butuh seorang bidan untuk proses kelahiran. Akhirnya kholifah umar kembali untuk mengambil sekarung gandum dan mengajak istrinya pula untuk membantu proses kelahiran wanita tersebut. Setelah sampai, istri kholifah langsung masuk kemah dan kholifah Umar membuat api dan memasak gandum tersebut. Akhirnya si wanita itu melahirkan dengan selamat, dan gandum pun telah matang. Kemudian istri kholifah memanggil Umar dan terkejutlah si laki² itu dan menghindar dari sohabat Umar karena adabnya. Laki² itu bertanya apakah engkau Kholifah Umar ??? Beliau menjab iya, kemarilah.. jangan takut kepadaku. Inilah salah satu akhlaq shohabat Umar kepada kaum miskin.

Acara selesai pukul 22.15 WIB diakhiri dengan doa dan makan nasi kebuli =P~

Aku hanya bisa berucap Alhadulillah, Meskipun aku udah lama kenal Beliau, tetapi aku tidak pernah bertemu dengan beliau langsung.  semoga ini bukan terakhir kalinya aku bertemu beliau, tetapi aku berharap ini adalah pertama kali dan akan berlanjut untuk tetap bisa menyerap ilmu dari beliau…. Amien Ya Robb…

7 Responses to 'Pertama dalam hidupku…'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to 'Pertama dalam hidupku…'.

  1. abihasan said,

    Subhanallahi walhamdulillh…

    Smoga pertemuan yang barokah dan sampeyan bener2 dapet sir-nya beliau..amin😀

    • al4mien said,

      terima kasih ya cak, semoga kita semua dapat barokah dari mbah Guru habib Umar…. aamin ya Allah


  2. Assalamu’alaikum ya akhi masya Allah antum tinggal dimana sekarang ana sekara sering mengadakan majelis di daerah blitar khususnya di srengat karena masyarakat sini tidak mengenal para habaib insya Allah apa2 yang kau jalani mendapatkan berkah dari Sayyidina Muhammad Rasulullah dan Shaalafuna Sholihin Amien

    • al4mien said,

      wa’alaikum salam warohmatullahi wabarokatuh….
      terima kasih bib udah mau mampir ke blog ana, ana asli bangil, pasuruan, tapi saat ini tinggal di surabaya. Blog habib kok dibuat privat seh ??? gak bisa berkunjung deh ana😀

  3. Cupi said,

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    Cak Alamien, waktu Habib Umar di Istiqlal datang ya? coba ktm kita. heheh, ane juga pulang duluan. jadi ga ktm anak” milis juga. SUkron cak dah kunjung ke blog ane yg amatiran

  4. taufiq said,

    Assalamu’alaikum wr.wb.

    Salam kenal buat akhi.
    Cuma mau info aja, terutama untuk para pengunjung blog ini Insya ALLAH akhir bulan Desember 2009 ini Habib Umar bin Hafidz akan berkunjung ke Indonesia.
    Jangan lewatkan kesempatan ini yach.

    Wassalamu ‘alaikum wr.wb.

    • al4mien said,

      wa’alaikum salam warohmatullahi wabarokatuh

      salam kenal juga khi, maaf, baru diapprove sekarang


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: